Search This Blog Below

Today Cosplay
Cosplayer

Wednesday, November 3, 2010

Menghitung Jumlah Klik Suatu Link

Mungkin postingan ini akan menjawab pertanyaan berikut.
  • Bagaimana cara menghitung jumlah klik suatu link / URL di blog kita secara otomatis?
  • Bagaimana cara menganalisis setiap klik yang kita letakkan di blog?
  • Kalau ada orang yang memasang iklan di blog kita, lalu bagaimana cara kita melihat jumlah klik / visitor pada iklan tersebut perharinya?
  • Bagaimana cara mengetahui jumlah pengunjung yang mengunjungi blog kita khusus melalui buku tamu saja?

Nah, untuk menjawab semua pertanyaan diatas Google telah meluncurkan produk terbarunya yaitu Google Shortener URL. Google Shortener URL ini fungsinya adalah untuk memendekkan link kita yang panjang seperti contoh berikut ini

Google Shortener URL

Link: http://hitsuke.blogspot.com/2010/08/sms-gratis-lewat-internet-sepuasnya.html

dipendekan menjadi (melalu metode 301)

Link: http://goo.gl/3Bh5

Jadi setelah anda memendekkan linknya, maka setiap klik yang terjadi pada link yang sudah anda pendekkan tadi akan dihitung dan dapat anda analisis dengan melihat detailnya. Kalau anda mau blog walking pendekkan saja URL blog / situs / web anda untuk melihat berapa jumlah visitor atau backlink yang anda dapatkan khusus dari blogwalking saja.

Google Shorter URL bukanlah satu-satunya fasilitas untuk memendekkan URL / Link yang panjang, sebenarnya layanan untuk memendekkan link ini ada banyak sekali salah satunya seperti yang anda temukan di twtter. Twitter menggunakan bit.ly untuk memendekkan URL yang di-tweet. Selain itu ada juga cara lain untuk memendekkan URL yang panjang ini sekaligus menghasilkan dollar / duit / uang setiap link itu di klik yaitu adf.ly. Saya sendiri juga menggunakan Adf.ly, lumayan belum satu bulan sudah dapat $12 dollar lebih (hehe sombong dikit). [Panduan Mendaftar di Adfly]

Contoh Layanan Alternative Penghasil Dollar  Adf.ly
Bukti Pembayaran Pertamaku dari Adfly | Pembayaran kedua klik disini


Diantara layanan diatas terserah anda mau pakai yang mana semuanya sama-sama menggunakan data statistik untuk menghitung atau menganalisis jumlah klik link tertentu di blog anda. Kalau ada kesulitan dalam menggunakan layanan diatas silakan tanyakan saja melalu Cbox atau kotak komentar. Sekian dulu dan Terima kasih.

No comments:

Post a Comment