Search This Blog Below

Today Cosplay
Cosplayer

Friday, March 25, 2011

Baca Komik

Apa yang dimaksud dengan Komik? mungkin banyak diantara anda yang suka baca komik, baik itu western comics dari amerika atau manga dari jepang maupun manhwa dari korea, langsung saja komik adalah suatu bentuk seni yang menggunakan gambar-gambar yang tidak bergerak yang disusun sedemikian rupa sehingga membentuk alur cerita. Biasanya, komik dicetak di atas kertas dan dilengkapi dengan teks. Komik dapat diterbitkan dalam berbagai bentuk, mulai dari strip dalam koran, dimuat dalam majalah, hingga berbentuk buku tersendiri. Sedangkan komik online itu adalah hasil scan dari komik aslinya dan di edit oleh para fans komik / manga. Komik menurut Laccasin (1971) dan koleganya dinobatkan sebagai seni ke-sembilan. Walaupun sesungguhnya ini hanya sebuah simbolisasi penerimaan komik ke dalam ruang wacana senirupa. Bukanlah hal yang dianggap penting siapa atau apa saja seni yang kesatu sampai kedelapan.

Saat ini komik / manga yang populer adalah manga dari jepang, seperti: komik naruto, komik one piece, komik bleach, etc.

Tak ketinggalan Komik dari Indonesia
Komik Indonesia atau biasa juga disebut cergam (cerita bergambar) adalah komik yang berasal dari Indonesia, atau hasil karya seorang komikus Indonesia. Cara bercerita dengan menggunakan gambar sudah dikenal di Indonesia sejak jaman kerajaan-kerajaan di kepulauan nusantara. Salah satu contoh cara bercerita menggunakan gambar ini pada masa purbakala adalah relief-relief yang terdapat pada candi-candi yang tersebar di seluruh Indonesia.

Komik di Internet
Seiring dengan kemajuan internet dan teknologi, kini komik beredar pesat di dunia maya, istilah kerennya scanlation. Namun akhir-akhir ini scanlation diperangi oleh penerbit Jepang karen scanlation itu ilegal/pembajakan.

No comments:

Post a Comment