Search This Blog Below

Today Cosplay
Cosplayer

Thursday, September 30, 2010

Cara Membuat Blog

1. Apa itu blog?


Mungkin diantara anda ada yang belum tau apa itu blog. Baiklah disni saya akan menjelaskan apa itu blog menurut saya. Blog adalah media yang digunakan untuk menyampaikan informasi kedunia maya (internet). Informasi yang disampaikan bisa berupa buku harian pribadi, isi pikiran pribadi, iklan produk tertentu, koleksi link, berita mengenai kejadian terkini, dan lain sebagainnya yang ingin anda sebar luaskan keseluruh penjuru dunia. 



2. Cara Membuat Blog


Sebenarnya ada banyak cara yang bisa anda gunakan dalam membuat sebuah blog namun pada tulisan saya kali ini saya akan menjelaskan cara membuat blog di blogspot atau blogger saja. Nah, pasti dipikiran anda muncul pertanyaan "mengapa harus di blogspot atau blogger?" Ada banyak kelebihan yang dimiliki blogger di banding dengan penyedia blog lain. Beberapa contoh kelebihan blogspot di banding yang lain yaitu gratis bagi semua orang, mudah dalam pengoperasian sehingga cocok untuk pemula, lebih leluasa dalam mengganti serta mengedit template atau lebih akrab dengan sebutan layout atau juga backgroundsehingga tampilan blog anda akan lebih fresh karena hasil kreasi sendiri, custom domain atau anda dapat mengubah nama blog anda dengan nama domain sendiri misalkan contoh.blogspot.com di ubah menjadi contoh.com,sedangkan hosting tetap menggunakan blogspot dan masih tetap gratis. 

Perlu juga anda ketahui bahwa segala sesuatu yang ada di internet itu sifatnya dinamis maksudnya bisa berubah sewaktu-waktu untuk menjadi lebih baik dan lebih baru dari sebelumnya dengan tujuan menarik minat pembaca dan juga untuk mempermudah pengguna. Selanjutnya saya akan menjelaskan langkah-langkah dalam membuat sebuah blog. Langkah-langkah dibawah ini mungkin saja bisa berubah sewaktu-waktu jadi saya harap anda jangan terlalu terpaku pada tulisan saya ini.

2. 1. Membuat E-mail di Gmail

Sama halnya dengan jejaring sosial seperti facebook, twitter, friendster, dll dalam membuat sebuah blog juga diperlukan adanya sebuah e-mail. Jika anda belum punya e-mail anda bisa membuatnya di yahoo.com atau gmail.com. Kalau anda tidak bisa membuat e-mail, silakan cari di google tentang cara membuat e-mail atau anda bisa minta bantuan teman anda yang bisa membuat e-mail untuk mengajarkannya kepada anda. Untuk membuat blog di blogger saya sarankan anda untuk membuat email di gmail (google mail) karena blogger dan gmail termasuk ke dalam akun google. Karena meraka berasal dari satu layanan / akun yang sama, jadi nanti anda akan lebih mudah dalam prosedur pendaftaran.

2.2. Daftar di Blogger

Langkah 1 : Kunjungi situs Blogger.com terlebih dahulu 

Langkah 2 : Setelah halaman pendaftaran terbuka, alihkan perhatian ke sebelah kanan atas, ubah bahasa ke Indonesia agar lebih mudah difahami. Silahkan langsung login dengan menggunakan username serta password gmail anda ( akun email anda bisa untuk login ke blogger).




Langkah 3
: Klik tombol bertuliskan CIPTAKAN BLOG ANDA.



Langkah 4 : Isilah nama judul blog serta alamat blog yang di inginkan. Ingat! dalam membuat alamat blog harus benar-benar serius karena itu permanen tidak dapat digantikan lagi (kecuali nanti ganti dengan custom domain). Jika alamat yang diinginkan ternyata tidak bisa digunakan, masukkan kembali alamat lain yang masih tersedia. Jika alamat blog yang diinginkan masih tersedia, silahkan klik anak panah bertuliskan LANJUTKAN.


Langkah 5 : Silahkan pilih template yang anda sukai ( template ini nanti bisa diubah lagi kapan saja anda mau), kemudian klik LANJUTKAN.







Langkah 6 : Akan ada tulisan “Blog Anda Sudah Jadi!”. Silahkan lanjutkan dengan klik tombol MULAI BLOGGING.





Langkah 7 : Setelah masuk post editor, silahkan isi apa saja ( disarankan untuk langsung mengisi posting, biasanya jika tidak langsung posting akan terjaring robot anti spam milik blogger, dan blog anda akan di kunci). Contoh : hello world this is my new blog. Klik Tombol PRATINJAU untuk melihat tampilan yang nanti akan muncul di blog, klik tombol TERBITKAN ENTRI jika posting anda mau dipublikasikan ke publik.



Langkah 8 : Klik “Lihat Entri” atau "Lihat blog" untuk melihat blog anda.


    3. Apa saja yang perlu anda lakukan setelah blog anda jadi?

    1. Memasang Widget atau Gadget dasar
    2. Mengganti Post-Editor yang lama dengan yang baru
    3. Memilih dan mendesign sendiri template atau layout yang baru
    4. Mencari pengunjung dan teman melaui blogwalking

    No comments:

    Post a Comment